Kembalilah, Kembali & Kembalilah Bangsaku

Ahmad Khoiris

Oleh : Ahmad Khoiris

Indonesia adalah negara dimana dengan kekayaan yang melimpah ruah, mulai dari suku, ras, agama, budaya bahkan sampai alamnya yang membentang luas dengan pepohonan yang hijau dan laut pantai yang nampak indah. Dengan kondisi yang begitu memikat sehingga membuat negara – negara adi daya ingin menguasai Indonesia.

Beberapa abad silam, Indonesia dijajah oleh negara – negara barat, Belanda, 350 tahun menjajah Indonesia. Jepang, 3,5 tahun menjajah Indonesia. Dengan segala perjuangan untuk mempertahankan kekayaan alam itu, pahlawan Indonesia berjuang mati – matian untuk meraih kemerdekaan di atas segalan penjajahan. Tahun 1945 bangsa Indonesia merdeka dengan di Proklamatori oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

72 tahun Indonesia merdeka, namun kemerdekaan itu tak diimbangi oleh perkembangan SDM bangsa. Kekayaan alam yang tetap melimpah dan luas wilayah yang hampir nomor 3 negara terbesar membuat negara – negara lain ingin menguasai kembali bangsa ini.

Kini, penjajahan tak lagi secara fisik, dengan lemahnya SDM yang dimiliki oleh Indonesia, negara – negara yang ingin menguasai Indonesia memanfaatkan kesempatan itu untuk merasuk dan menguasai Indonesia lagi. Ya, ilmu teknologi kini yang dimanfaatkan bangsa lain untuk masuk dan merasuk kedalam tubuh negara ini.

SDM bangsa yang lemah dan tertinggal, menjadi point besar untuk bangsa lain masuk kedalam Indonesia. Apalagi dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Pemain kunci ekonomi dunia, masuk ke dalam Indonesia untuk meraih kekayaan sebesar – besarnya  untuk menjadi nomor 1. Dan Indonesia dengan negara yang luas wilayahnya besar dan kekayaan alam yang melimpah tak mampu menjadi pemain kunci. Indonesia cenderung menjadi konsumen.

Moral, selain ekonomi, bangsa Indonesia juga kalah dalam segi moral manusianya. Dengan minimnya SDM tersebut, masyarakat Indonesia mudah dipengaruhi. Moral – moral negatif bangsa barat dan dengan perkembangan globalisasi. Indonesia tak mampu membendung pengaruh globalisasi dan menyebabkan banyaknya moral bangsa barat yang tak mampu diserap dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Alhasil, moral bangsa rusak, pengaruh budaya barat yang negatif tumbuh dan berkembang di bangsa ini. Pemuda tak lagi menjadi garda terdepan untuk menyelamatkan bangsa ini. Justru malah pemuda yang menjadi kunci tumbuhnya moral negatif di bangsa ini. Ya, karena SDM yang sangat rendah.

Bagaimana Indonesia 5 sampai 10 tahun kedepan? Nasib bangsa ada di tangan kita semua. Pemuda harus kembali menjadi kunci perubahan, mahasiswa harus kembali menjadi agent of change. Pelajar harus kembali menjdi tenaga terdidik dan Indonesia harus kembali menjadi negara yang besar. Besar dari segi SDM dan juga besar dari segi kekayaan alamnya.

 

Oleh : Ahmad Khoiris

Ketua Bidang Organisasi PC. IMM Bojonegoro

Admin
Author: Admin

Please Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *