Kenalkan Haji Sejak Dini, SD Muda Gelar Manasik Haji

0 102
Kelompok kelas enam melakukan prosesi thawaf ifadhah

Kelompok kelas enam melakukan prosesi thawaf ifadhah

Suasana ceria tampak jelas di wajah peserta Manasik Haji SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro pagi ini.  Kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap tanggal 11 Dzulhijah, berurutan dengan kegiatan penyembelihan qurban pada tanggal 10 Dzulhijah. Manasik haji SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro diikuti oleh seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 sejumlah 309 siswa dengan tujuan agar mereka mengetahui rukun, wajib dan sunah ibadah haji dan umroh. Mulai dari  praktik thawaf, sa’i, wukuf, lempar jumroh dan  prosesi ibadah  lainnya.

Wilik Indrayani, Ketua panitia, menjelaskan bahwa kegiatan manasik haji kali ini dilaksanakan di aula dan halaman parkir komplek Masjid Attaqwa Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro, jalan Teuku Umar 48. Untuk memenuhi perlengkapannya panitia bekerjasama dengan KBIH Masyarakat Madani. “Dengan adanya kegiatan  manasik haji ini diharapkan bisa melatih kesabaran anak-anak,  serta agar lebih mudah dalam mengenal, memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Selain itu, anak anak akan memiliki cita cita untuk melaksanakan kegiatan haji sesungguhnya di tanah suci kelak, “ujarnya.

Kelompok kelas lima melempar tiga jumrah, ula wustha dan aqobah

Kelompok kelas lima melempar tiga jumrah, ula wustha dan aqobah

Diawali dengan mandi besar dari rumah, niat dan menggunakan kain ihram dan perlengkapannya seperti kantong yang berisi buku panduan manasik dan gunting untuk tahallul, serta tujuh buah karet gelang yang dikenakan di tangan kiri untuk menghitung jumlah putaran dalam thawaf qudum, ifadhah maupun wada’ dan juga sa'i.

Anak-anak melaksanakan semua rukun-rukun haji seperti ihram, thawaf ifadhah, sa'i antara Shafa dan Marwah, wukuf di Arafah, tahalul dan tertib (mengerjakan rukun haji secara berurutan). Demikian pula wajib haji yaitu segala sesuatu yang dikerjakan dan apabila tidak dilakukan harus membayar denda atau dam dan hajinya tetap sah. Yang termasuk wajib haji adalah ihram dari miqat, mabit di Muzdalifah, lempar jumrah, meminggalkan larangan-larangan haji dan thawaf wada'.  Alhamdulillah kegiatan berakhir pukul 10.00. Sesaat sebelum pulang anak-anak melaksanakan thawaf wada’. (Wilik Indrayani)

Kelompok kelas empat sedang melaksanakan tahallul, yaitu menggunting sebagian atau seluruh rambut

Kelompok kelas empat sedang melaksanakan tahallul, yaitu menggunting sebagian atau seluruh rambut

Please Share
Category: PendidikanTags:
author
No Response

Leave a reply "Kenalkan Haji Sejak Dini, SD Muda Gelar Manasik Haji"